Lestarii

Selasa, 08 Agustus 2017

Ekspedisi Sekret Gempahr



Pada hari Sabtu tanggal 15 Juli 2017 kami (Rimbapala Getar Bumi) melakukan ekspedisi ke sekretariat Gempahr yang berlokasi di Jl. H. M. Joni No. 70C, Teladan baru, kota Medan, Sumatera Utara. Sekret mereka berada diatas ruangan BEM. Awalnya pintu sekret ditutup yang menandakan tidak ada orang ditempat tersebut, hal ini dikarenakan perkuliahan yang sudah berakhir. Lalu kami pergi sebentar mencari angin sambil membunuh waktu. Setelah dirasa cukup untuk menunggu, kami kembali lagi ke sekret Gempahr untuk memastikan ekspedisi hari ini. Ternyata pintu sekret telah dibuka. Lalu kami pun memulai ekspedisi.
            Sesampainya kami hanya bertemu dengan seorang kakak yang telah menjadi ALB. Ruangan sangat sepi. Yang meramekan hanyalah sebuah televisi. Lalu kami memulai perbincangan dan mengetahui sedikit informasi tentang Gempahr. Yang kemudian datanglah salah seorang pendiri. Here we are.

Gempahr (Generasi Mahasiswa Pecinta Alam Harapan) merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus Sekolah Tinggi Teknik (STT) Harapan Medan. Gempahr berdiri pada tanggal 08 Mei 2000. Pendiri organisasi ini terdiri dari 10 orang yang  berbeda-beda jurusan. Sebelum Gempahr ini sudah ada terdapat komunitas pecinta alam di kampus ini sehingga sempat terjadi perang dingin di antara mereka. Akan tetapi hanya Gempahr lah yang bertahan karena telah dilegalitaskan oleh kampus berkat membantu kegiatan-kegiatan di kampus seperti pelaksanaan pembentukan BEM pada awalnya. Meski sempat diragukan, tapi mereka membuktikan.

Untuk kepengurusan sama seperti kita, ada bph dan Mpr tetapi disebut sebagai penasihat. Sekarang Gempahr telah memasuki angkatan ke-16. Usia yang tidak terbilang muda lagi. Gempahr menurut kami berdasarkan pernyataan beliau, lebih terfokus kepada intern mereka. Karena anggota aktifnya tergolong sedikit. Tidak sampai 10 orang. Tetapi banyak hal yang dapat diambil dari mereka.
Setelah melakukan diksar, am diberi waktu bebas selama seminggu tetapi dengan catatan tetap datang ke sekret. Setelah itu para senior akan mulai mengenalkan para senior-senior yang lain, bisa secara langsung dengan mengadakan bakar-bakar ataupun melalui media sosial dengan menggunakan video call untuk mengetahui wajah seniornya yang lain dan mengenalkan ruangan sekret agar mengetahui letak dan posisi barang-barang yang ada di sekret supaya lebih dekat dan mengenal bagaimana kekeluargaan di gempahr.

Mereka juga ada latihan pemantapan seperti surat-menyurat, navigasi darat, gunung rimba dll. Setiap latihan pemantapan diberi tenggat waktu selama satu bulan. Contohnya surat-menyurat, akan diajarkan dalam kurun waktu tiga minggu, setelah itu akan dilakukan pengujian atau evaluasi kepada am dengan melakukan pembuatan surat yang resmi. Lalu hasilnya akan dijadikan catatan oleh bph. Karena semua latihan pemantapan tersebut dicatat hasilnya, maka pada saat pengangkatan ab, dari situlah ditentukan mana divisi yang lebih cocok untuk ditanggungjawabi oleh calon ab tersebut.
Sekian tentang Gempahr. Salam Lestari!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekspedisi Sekret Rimbapala Boras Pati

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan, menjalin tali persaudaraan se MAPALA- SU untuk Anggota Muda RIMBAPALA Kehutanan USU. 1. Gempa...