Lestarii

Selasa, 08 Agustus 2017

Ekspedisi Sekret Kompas-USU




Kompas merupakan organisasi kepencintaalaman di Universitas Sumatera Utara. Kompas USU merupakan singkatan dari Korps Mahasiswa Pencinta Alam dan Studi Lingkungan Hidup. Organisasi ini berdiri sejak tanggal 6 Oktober 1980. Kompas USU merupakan organisasi mapala tertua di Kota Medan. Angkatan pertama Kompas didiksar oleh anggota Kopasus. 

Organisasi ini memiliki tujuan yaitu “Membina insan akademis yang sadar, mampu dan bertanggung jawab dalam melestarikan alam sebagai lingkungan hidup yang sehat”. Hal tersebut tertera dalam AD/ART organisasi pasal 5. Sejalan dengan tujuannya, dalam setiap kegiatan yang dilakukan KOMPAS - USU selalu mengutamakan hal pembinaan sebagai seorang akademisi. Kepetualangan alam bebas seperti perjalanan Hutan Gunung, Arung Jeram, Susur Gua, Panjat Tebing, Sepeda Gunung, ataupun kegiatan kepetualangan alam bebas lainnya tetap dilaksanakan. Hal ini mengingat organisasi ini berorientasi dari minat dan bakat. 

Organisasi Kompas tidak menggunakan nama lapangan juga tidak menggunakan istilah Anggota Muda. Kompas mengadakan Pendidikan Latihan Dasar kurang lebih selama 6bulan, dimana setiap kegiatannya diadakan hampir sebulan sekali, dan Calon Anggota wajib mengikuti. Setelah Selayar Kompas dikalungkan dipundak Calon Anggota maka sejak itulah mereka sah menjadi Anggota Biasa Kompas-USU.

Sekret Kompas terletak didepan Fakultas Ilmu Komputer USU. Kompas memiliki dua wall yang berada di samping sekret. Kegiatan Kompas yang terdekat ialah USU Car Free Day. Pada Ekspedisi ini juga kami bertemu dengan beberapa mahasiswa Fakultas Kehutanan USU yang tergabung dalam anggota Kompas-USU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekspedisi Sekret Rimbapala Boras Pati

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan, menjalin tali persaudaraan se MAPALA- SU untuk Anggota Muda RIMBAPALA Kehutanan USU. 1. Gempa...