Lestarii

Minggu, 12 Februari 2023

INFORMASI UMUM ORGANISASI PECINTA ALAM

 INFORMASI UMUM PECINTA ALAM

Secara umum organisasi merupakan sejumlah orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Kelompok atau Organisasi yang dapat dikatakan sebagai pecinta alam apabila ia mempunyai kegiatan yang bergerak dalam bidang alam. Beberapa kelompok tersebut yaitu Sispala (Siswa Anggota Pecinta Alam), Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) dan KPA (Komunitas Pecinta Alam). Mungkin masih banyak organisasi lain yang yang dapat dikatakan sebagai pecinta alam namun untuk hal umum yang biasa diketahui beberapa kalangan diantaranya Sispala, Mapala dan KPA. Untuk Sispala sendiri merupakan organisasi yang pada umumnya berada dan bergerak pada ruang lingkup untuk kalangan siswa-siswi SMA, Mapala merupakan organisasi yang bergerak untuk kalangan Mahasiswa dan untuk KPA sendiri merupakan suatu komunitas yang dibentuk untuk umum yang memiliki kegiatan yang berhubungan dengan alam pula.

Untuk membentuk suatu organisasi yang berhubungan dengan kepencintaalaman tentunya memiliki banyak syarat yang harus dipenuhi agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan. Pembentukan organisasi ini diharapkan menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas dan pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan alam. Itu sebabnya organisasi pecinta alam memiliki banyak kegiatan yang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan lebih besar mengenai alam ini.

Berbicara dengan organisasi pecinta alam, pada beberapa universitas pada umumnya memiliki organisasi yang berkaitan dengan pecinta alam yang disebut dengan Mapala. Pada Universitas Sumatera Utara memiliki beberapa Mapala yang berasal dari beberapa fakultas yang terdapat di USU. Salah satu fakultasnya yaitu kehutanan dengan sebutan Rimbapala (Rimbawan Pecinta Alam). Rimbapala merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfungsi sebagai wadah aspirasi dan pengembangan Mahasiswa dalam bidang konservasi, pengembangan kreativitas dan sebagai satuan pemersatu lingkungan. Rimbapala bersifat kekeluargaan, solidaritas, memiliki tujuan yang sama dan cinta tanah air. Maksud kekeluargaan disini berartikan kebersamaan, setiap apapun kegiatan yang dilakukan harus berlandaskan kekeluargaan.

Rimbapala Fakultas Kehutanan USU dibentuk pada tanggal 23 September 2012 di Sikulikap, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sejauh ini Rimbapala memiliki 3 Divisi yang meliputi: Gunung Rimba (GR), Trees Climbing (TC), dan Lingkungan Hidup (LH). Untuk menentukan divisi yang akan diambil harus mengikuti pedalaman dahulu agar mengetahui potensi mana yang sesuai dengan divisi yang diinginkan. Untuk kegiatan sendiri, Rimbapala memiliki banyak kegiatan yang sering dilakukan dan memiliki banyak prestasi yang sudah didapatkan. Salah satu prestasi yang pernah di capai yaitu dalam Lomba Lintas Alam dan masih banyak prestasi lainnya.

Seorang pecinta alam sering dikaitkan dengan kegiatan yang negatif oleh orang-orang yang tidak mengetahui bagaimana Mapala tersebut. Tetapi hal tersebut dapat dibatah oleh Rimbapala, karena Rimbapala melakukan kegiatan yang positif dan mengharamkan hal-hal yang berbau dengan barang atau kegiatan terlarang yang mungkin dapat merusak dan mencemarkan nama baik Rimbapala yang sudah dijaga sejauh ini. Rimbapala dikenal dengan orang-orangnya yang aktif dan berpikir kritis sehingga jika ingin melakukan hal-hal yang negatif ia akan memikirkan dahulu apa dampak yang akan terjadi apabila melakukan kegiatan negatif tersebut. Itu sebabnya Rimbapala dikenal dengan baik dengan sifat kekeluargaannya dan rasa tolenrasi yang tinggi serta memiliki rasa untuk melindungi satu dengan yang lainnya. 

Penulis: Gabriella Sidabariba (Awulan RDA) 

Editor: Putri Armenia Urelia (Mrende RBS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ekspedisi Sekret Rimbapala Boras Pati

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan, menjalin tali persaudaraan se MAPALA- SU untuk Anggota Muda RIMBAPALA Kehutanan USU. 1. Gempa...