Lestarii

Sabtu, 18 Februari 2023

ENVIRONMENTALIST STUDENT ACTIVITIES

 KEGIATAN-KEGIATAN MAHASISWA PECINTA ALAM

Jika membahas tentang kepecintaalamn ini pastinya tidak jauh kaitannya dengan “Pecinta Alam”. Dalam kata pecinta alam diawali dengan kata “cinta” yang diartikan sebagai rasa suka atau cinta dan rasa ingin menjaga atau melindungi. Mencintai alam bukan hanya sekedar mengagumi, bukan hanya sekedar untuk kesenangan diri tetapi juga mengandung arti kagum, hormat, perasaan dan niat untuk memelihara serta mempertahankan keasrian alam. Sedangkan untuk kata pecinta sendiri lebih merujuk kepada seseorang/pelaku. Kata “alam” dapat diartikan sebagai isi dari bumi kita ini. Jadi dapat dikatakan bahwa pecinta alam adalah orang yang mencintai alam, memiliki rasa untuk menjaga kelestarian alam dan orang – orang yang sangat senang bermain di alam bebas. 

Dalam kepecintaalaman pastinya tidak lepas dari kegiatan – kegiatan yang dilakukan di alam bebas seperti halnya;

1. Kegiatan Mendaki Gunung 

Kegiatan ini sangat terkenal di kalangan pecinta alam maka tidak heran jika mendaki gunung ini seperti kegitan wajib yang dilakukan para pecinta alam. Pada pendakian gunung ini kita tidak hanya disuguhkan dengan indahnya pemandangan alam yang terbentang luas, tetapi kita juga mendapatkan pengalaman yang luar biasa seperti rasa kebersamaan dan kerjasama tim yang baik. 

2. Panjat Tebing 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang terbilang cukup ekstrim karna kita harus menaklukkan medan tebing yang curam dan harus tepat dalam mengambil langkah. Tetapi hal itu tidak mengurungkan niat para pecinta alam untuk melakukan kegitan tersebut, dan bahkan ada juga yang melakukan perlombaan panjat tebing. 

3. Susur Goa 

Susur goa merupakan kegiatan pengamatan atau menjelajahi bagian dalam gua. Dalam penyusuran goa tentunya kita mendapatkan pengalaman yang baru dan bahkan tanpa kita duga ditempat yang gelap itu dapat kita temui tempat yang indah dan tentunya juga kita bisa sambil belajar tentang ekosistem di dalam goa. 

4. Arung Jeram 

 Arung jeram ini merupakan kegiatan yang mengasikan sekaligus menantang karena kita mengarungi alur sungai yang arus airnya deras menggunakan alat seperti perahu karet. Di era sekarang sudah banyak di buka wisata – wisata arung jeram. 

5. Camping 

Istilah camping pastinya tidak asing lagi di telinga kita, camping merupakan kegiatan yang menyenangkan dan tentunya dapat menghilangkan penat dari kesibukan kita sehari-hari. 

6. Penghijauan 

Penghijauan atau penanaman pastinya sering dilakukan oleh pecinta alam, karena pecinta alam adalah orang – orang yang memiliki rasa tanggungjawab untuk menjaga kelestarian lingkungan. Penghijauan ini juga tentunya sangat bermanfaaat dan dapat mengurangi dampak pemanasan global. 

7. Membersihkan Sampah Plastik 

Hal ini terkesan membosankan dan kuno tetapi kegiatan ini merupakan salah satu bentuk paling nyata dalam mewujudkan kecintaan terhadap lingkungan. Seperi yang kita tahu Negara kita merupakan salah satu Negara penyumbang sampah terbesar, sehingga tidak heran banyak lingkungan kita yag telah tercemar dan kejadian - kejadian seperti di temukannya sampah plastik di perut ikan dan hal – hal lain yang berdampak negatf. Membersihkan sampah plastik dapat menjadi salah satu cara untuk membantu memulihkan lingkungan hidup.

Kegiatan-kegiatan di atas tentunya perlu didukung dengan pengetahuan dan kegiatan penunjang seperti pengetahuan tentang orientasi medan (navigasi), pengetahuan survival, keterampilan tali-temali, pengepakan peralatan, penguasaan pertolongan pertama. Maka dari itu banyak juga organisasi-organisasi pecinta alam yang memberikan materi-materi dasar kepada setiap anggotanya.

Penulis: Jeni Mei Yanda Sirait (Radika RDA)

Editor: Putri Armenia Urelia (Mrende RBS)

1 komentar:

Ekspedisi Sekret Rimbapala Boras Pati

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan, menjalin tali persaudaraan se MAPALA- SU untuk Anggota Muda RIMBAPALA Kehutanan USU. 1. Gempa...